Jumat, 21 Agustus 2009

WAPALHI DALAM PENGKADERAN



Oleh. M. Abdurrohman Wahid.(Eka Bakti Girindra)
Salam Lestari............
WAPALHI JAYA............
Sebagai organisasi yang berkompetensi didalam kepecintaalaman, W@PALHI memiliki beberapa jalur pendidikan sebagai ajang perekrutan anggota baru. Dan sebagai Salah satu bentuk rutinitas didalam pendidikan pengkaderan tersebut bertujuan untuk menerapkan idiologi keislaman dan kealaman yang tertuang didalam Ikrar Bakti W@PALHI serta meningkatkan kualitas anggota yang militant, tangguh dan memiliki wawasan kepecintaalaman demi pembekalan diri untuk menjaga kelestarian alam.dalam WAPALHI Inisnu Jepara untuk jenjang Pendidikan ada 4 tahap yaitu PRADIKSAR, DIKSAR, PENGUKUHAN dan PENDALAMAN MATERI serta Pelatihan-pelatihan.

WAPALHI Adalah Organisasi Inra Kampus yang kedudukanya sebagai UKM (Unit Kegiatan Kampus)yang bergelut dalam kepecinta alaman. disamping itu wapalhi juga selalu berusaha untuk menyiapan kader yang tidak keingalan,Kritis dan Siap pakai nantinya di Masyarakat Itu semua selalu di tekankan kepada anggotanya.

"WAPALHI"

Di setiap organisasi yang bergerak dan bergelut dalam sektor kemahasiswaan adalah berkembang dan termanifestasikannya proses pembelajaran demokrasi yang terealisasi dalam bentuk kegiatan yang berbau pengkaderan, diantara tamsil yang kongkret dan merupakan sebuah keharusan yang dalam hal ini adalah PRADIKSAR.

PRADIKSAR bukanlah sekedar pentransferan ilmu, tetapi juga ditujukan untuk menambah ilmu ke-pecinta alam-an, guna menciptakan kesadaran hidup dan tanggung jawab menjaga amanat hubungan dengan Alam. Dan juga sebagai ajang pengkaderan, dimana hal itu sangat penting dilakukan dalam sebuah organisasi apapun guna mencetak kader penerus, sebagai pemegang tongkat estafet selanjutnya. bukan hanya itu PRADIKSAR. Dan hususnya dapat membawa Wahana Pecinta Alam dan Lingkungan Hidup Inisnu ( W@PALHI ) Jepara ke arah yang lebih progresif dan kompetitif.

Berangkat dari hal itulah Wahana Pecinta Alam dan Lingkungan Hidup INISNU (W@PALHI) selama hampir Empa Belas Tahun, organisasi ini berkiprah dalam menjaga kelestarian alam dan lingkungan hidup di Jepara, sebagai komunitas intelektual kampus dan juga sebagai komunitas yang berusaha untuk mengerti bagaimana manusia sebagai kholifah fi al-Ardl itu bertugas sebagaimana mestinya, bukan hanya mahluk penikmat alam tapi juga mahluk yang peduli terhadap lingkungan.

Dalam usaha kearah yang lebih baik, maka wapalhi perlu menjaga rutinitas sebagai kultur yang telah di jalankan selama kurang lebih sampai sekarang Periode XII. membangun barisan Mahasiswa sebagai wahana yang berbasis kampus, yang dimana usaha tersebut harus dilaksanakan terus menerus sebagai bentuk W@PALHI untuk mempertahankan Ke-Eksistensian-nya di lingkup Mahasiswa hususnya dan di masyarakat Jepara pada umumnya.

Kegiatan dialam terbuka saat ini semakin banyak digemari terutama kalangan muda dan Mahasiswa, di tandai dengan bermunculnnya berbagai kelompok pecinta alam di berbagai tempat, yang secara otomatis menaikan intensitas kegiatan yang berorientasi dengan alam terbuka. Tingginya animo masyarakat terhadap kegiatan petualangan seperti mendaki gunung, memanjat tebing atau menelusuri gua.

0 komentar: