Senin, 27 Juli 2009

NAPAK TILAS WISATA ALAM DAN BUDAYA LINTAS PULAU OLEH WAPALHI JEPARA

NAPAK TILAS LINTAS PULAU
“PULAU KARIMUNJAWA”
ORGANISASI PECINTA ALAM SE-JATENG

WAHANA PECINTA ALAM DAN LINGKUNGAN HIDUP INISNU
(WAPALHI) JEPARA

“Napak Tilas Wisata Alam dan Budaya Kepulauan Karimunjawa Sebagai Wujud Pelestarian Cagar Budaya


Organisasi pecinta alam adalah sebuah organisasi yang merupakan sebuah bentuk semangat jiwa nasionalisme dan semangat perjuangan dikalangan pemuda untuk membantu negara dalam membangun dan ikut serta dalam melestarikan alam dan budaya serta menjaga apa saja yang kini dimiliki oleh Negara. Namun demikian kata-kata yang hanya terucap tidak ada artinya tanpa jiwa nasionalisme dan perbuatan yang nyata. Demikian pemahaman yang hendak terus dibangun oleh WAPALHI sebagai Wahana Pecinta Alam yang berkiprah di Jepara.
Pulau Karimunjawa adalah sebagai salah satu pulau yang dimiliki Indonesia juga Kota Jepara perlu terus didukung dengan berbagai sarana dan objek wisata lain yang akan lebih menambah daya tarik wisata baik yang berupa alam maupun yang bersifat sejarah. Oleh karena itu kegiatan Napak Tilas yang akan dilaksanakan ini bersifat multi guna karena manfaatnya sangat luas yaitu untuk kepentingan pembangunan daerah, regional bahkan nasional serta untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Kegiatan ini cukup strategis dan bersifat multistaekholder karena akan melibatkan berbagai pihak termasuk masyarakat setempat.

Napak Tilas Lintas Pulau diadakan dengan dilatarbelakangi oleh :
  • Melihat potensi wisata dan budaya Jawa Tengah yang cukup kaya, yang amat disayangkan jika tidak dieksplor secara maksimal oleh para khalayak umum, terutama oleh para mahasiswa dan pelajar.

  • Melihat potensi dari keilmuan Sejarah, yang amat disayangkan jika tidak di praktekkan secara langsung ke lapangan, dan mencoba mengaktualisasikan Ilmu Sejarah ke dalam lapangan kerja yang sesungguhnya, yaitu Napak Tilas Wisata Alam dan Budaya melalui event – event dan Tour kepulau-pulau yang ada di karimunjawa serta jalan – jalan ke tempat – tempat dan peninggalan sejarah.

Disini WAPALHI adalah salah satu penggerak dan juga pelaku di bidang kealaman. Tiga belas tahun sudah WAPALHI berkiprah di bidang kealaman dan selama tiga belas tahun juga WAPALHI mempunyai berbagai macam program kerja/prestasi yang sudah diakui masyarakat maupun pemerintah setempat. Selama ini WAPALHI lebih sering berkiprah dibidang kealaman dan juga dibidang sosial.


Salah satu aspek penting dalam pengembangan pariwisata adalah media promosi. Dalam hal ini diharapkan berbagai pihak akan mendukung kegiatan ini sehingga dapat terlaksana secara baik sesuai rencana. Kegiatan Napak Tilas direncanakan dua tahap, dimana tahap pertama ini lebih bersifat observasi awal dengan mengumpulkan berbagai data base seperti sosial, ekonomi, budaya, biofisik wilayah, geografi dan perhubungan/akses lokasi. Dengan tersedianya data serta informasi yang lengkap dan akurat maka dapat diorganisir peserta yang lebih banyak dalam napak tilas sebagai media promosi serta memperkenalkan budaya dalam menjaga apa saja yang kini dimiliki oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Masyarakat Pedesaan, Masyarakat Kota, Pengusaha, Guru, Tokoh Masyarakat, Pegawai Negri Sipil, Mahasiswa, Pelajar, PEMDA maupun PEMPROF dan Penduduk Indonesia perlu kiranya menumbuhkan kesadaran untuk mempertahankan budaya dan kekayaan Indonesia, maka mereka tidak alasan untuk berpangku tangan.

WAKTU DAN TEMPAT

Pelaksanaan Napak Tilas Lintas Pulau dilaksanakan secara marathon , Bermalam dibeberapa lokasi dan di setiap lokasi berbeda kegiatan.

Adapun pelaksanaan kegiatan akan di laksanakan pada:
Hari : Sabtu - Rabu
Tanggal : 8 – 13 Agustus 2009
Waktu : Pukul 07.00 WIB - selesai
Tempat : Kampus INISNU
Pulau karimunjawa
Pulau Kemujan
Pulau Tengah

PESERTA NAPAK TILAS LINTAS PULAU KARIMUNJAWA

  1. Napak Tilas dan Wisata Lintas Pulau
    Peserta Napak Tilas Lintas Pulau Karimunjawa Diikuti Oleh Organisasi Pecinta Alam, Mahasiswa Pecinta Alam Se Jawa Tengah Dan Pecinta Alam Pelajar Se Jepara.

  2. Sosialisasi “Kenakalan & Kehidupan Remaja”
    Peserta Sosialisasi Diikuti Oleh Peserta Napak Tilas, Pelajar SMA Dan MA Yang Ada Di Karimunjawa.

  3. Baksos Dan Penghijauan “ Penanaman 500 Pohon Mangga”

  4. Pentas seni Budaya "Budaya Masyarakat Kemojan dan Suku Bugis" Tari Kuda Lumping, Reok klasik dan Barongan.dan Pecak Silat Bugis
  5. Pelepasan Satwa "sebagai Wujud Pengembalian Ekosistem maka dalam Napak Tilas Wisata dan Budaya oleh WAPALHI INISNU Jepara Mengadakan Pelepasan Bibit Penyu (Tukik) di Pulau Tengah.
  6. Wisata Religi

BENTUK KEGIATAN
Jenis Kegiatan

  • Napak Tilas
    Pelaksanaan Napak Tilas Lintas Pulau dilaksanakan secara marathon , ngecamp dibeberapa lokasi dan di setiap lokasi berbeda kegiatan.
  • Sosialisasi “Kenakalan & Kehidupan Remaja”
    Kegiatan ini didalamnya nanti dibahas mengenai “Kenakalan & Kehidupan Remaja” dan kegiatan ini seperti seminar.
  • Penghijauan
    Baksos Dan Penghijauan “ Penanaman 500 Pohon Mangga” Penanaman Bibit di lokasi
  • Pelepasan SatwaSebagai Wujud Pengembalian Ekosistem.

KETENTUAN LAIN

Peserta membawa peralatan pribadi
1 Alat Tulis 7 Membawa Dum /
2 Peralatan MCK Tenda (untuk 1 tim).
3 Peralatan Ibadah 8 Membawa peralatan
4 Obat Pribadi untuk menanam bibit.
5 Jaket 9 Membawa pakaian lapangan.
6 Membawa Senter

2 komentar:

wapalhi jepara mengatakan...

aku bangga menjadi anggota WAPALHI.
dulu aku mengira anggota WAPALHI orangya aneh-aneh,...tapi memang orang-orang didalamnya berbagai karaker yang berbeda..
kini setelah aku mengikuti WAPALHI aku menemukan keluarga.. keluarga yang sangat buaaaaaaaaaaaanyak n menyenangkan, meski kadang ada juga yang membuat aku jengkel...he..he.. UFUK EUREKA

wapalhi jepara mengatakan...

Wapalhi Jaya.......
itu kata yang selalu pingin saya gembor-gemborkan....
entah kenapa saya begitu bangga menjadi salah satu anggota Wapalhi INISNU Jepara, 5 tahun sudah Saya menjadi anggota wapalhi, dan belajar berorganisasi, dari sini saya baru bisa mengenal apa itu pentingnya belajar berorganisasi, juga belajar hidup...
canda, tawa, sedih, senang semua terjadi disini...
namun dari semua itu ada satu hal yang benar-benar patut dibanggakan, keluarga.., ya kita punya keluarga yang baru disini..
WAPALHI JAYA..JAYA WAPALHIku selalu
salam lestari..
dengan semangat dan sekuat tenagaku aku akan selalu mencoba mengembangkan WAPALHI tercinta..
EKA BAKTI GIRINDRA